VISI MISI

PROFIL LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 30 tahun 2018, STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Transformasi dan alih bentuk juga terjadi pada unit termasuk Pusat Penjaminan Mutu (P2M) menjadi Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Secara yuridis berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 36 Tahun 2018 tentang organisasi dan tata kerja IAIN SAS Bangka Belitung, tertanggal 27 Desember 2018. LPM dipimpin oleh seorang Ketua yang diangkat dan bertanggungjawab kepada Rektor.

VISI LPM: Karakter dan budaya mutu berbasis keunggulan, religius dan profesional”

MISI LPM:

  1. Melaksanakan fungsi pelayanan, pengembangan, pengendalian dan peningkatan mutu akademik bagi civitas akademika, dengan mengedepankan karakteristik al-akhlaqul al-karimah, kearifan spiritual, keluasan ilmu dan kebebasan intelektual sesuai bidang masing-masing.
  2. Menjadikan LPM sebagai media audit  untuk  mengukur pelayanan mutu   pendidikan, mendiagnosa pelaksanaan akademik, dan membantu civitas akademika dalam peningkatan mutu pendidikan.

TUGAS DAN FUNGSI LPM

Tugas dan Fungsi LPM, secara yuridis diamanatkan dalam PMA RI Nomor 36 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Pasal 56, yaitu: mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai, dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik.

Fungsi LPM adalah: 1) Menyusun rencana program dan anggaran; 2) Pengembangan mutu akademik; 3) Pelaksanaan audit, pemantauan, dan penilaian mutu akademik; 4) Pelaksanaan evaluasi dan laporan; dan 5) Pelaksanaan administrasi kelembagaan.

STRATEGI PENCAPAIAN MISI LPM

Misi 1:  Tersedianya dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAIN SAS Bangka Belitung. Dokumen SPMI dapat terdokumentasi dengan baik dan lengkap. Indikator dan sasaran yaitu; a) Dokumen Kebijakan SPMI ada pada LPM dan unit kerja; b) Dokumen Manual SPMI ada pada LPM dan unit kerja; c) Dokumen Standar SPMI ada pada LPM dan unit kerja; d) Formulir SPMI terdokumentasi dengan baik dan digunakan dalam pelayanan; e) Renstra LPM ada dan dipedomani, dan f) Profil LPM ada dalam wujud tercetak dan tampilan menarik.

Misi 2: Menjamin pelaksanaan pengendalian standar mutu berbasis akademik. Menjamin dokumen SPMI dapat dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik dan terukur. Indikator dan sasaran yaitu; a) lnstitut, lembaga, fakultas, prodi, dan unit pendukung dapat melaksanakan tugas dan kegiatannya sesuai dengan standar yang sudah ditetap. b). Prodi dan unit memiliki pencapaian standar mutu dengan menerbitkan sasaran mutu setiap tahun selama 3 tahun berturut-turut.

Misi 3: Menjamin pelaksanaan audit dan penilaian mutu sebagai budaya mutu. Indikator dan sasaran yaitu a). LPM melakukan pembaharuan (penyempurnaan) instrumen monev dan audit. B). LPM memiliki panduan pelaksanaan monev dan audit. c. LPM memiliki auditor internal yang handal. d). LPM melakukan audit dan monev sesuai jadwal. e). LPM memiliki rekomendasi hasil audit. f). LPM memiliki tindak lanjut rekomendasi hasil audit. g). LPM memiliki dokumen hasil audit dan monev. h). LPM memiliki dokumen hasil RTM dengan Rektor.

Misi 4: Evaluasi dan pelaporan berbasis dokumen, data dan Informasi Teknologi. LPM memastikan tersedia setiap dokumen hasil pelaksanaan kegiatan dengan melakukan pemilahan standar yang telah terpenuhi, terlampaui dan yang belum terpenuhi. Indikator dan Sasaran yaitu; a). LPM memiliki dokumen hasil pemilahan standar yang telah terpenuhi. b). LPM memiliki dokumen hasil pemilahan standar yang belum terlampaui. c). LPM memiliki dokumen rekomendasi tindak lanjut tentang standar yang akan dipertahankan atau ditingkatkan.

PUSAT-PUSAT DAN SUBBAG TU LPM

  1. Pusat Audit dan Pengendalian Mutu: melaksanakan Audit Mutu Internal, penilaian Laporan Kinerja Dosen (LKD), survei kepuasan, pelayanan akademik, kinerja dosen, kepuasan pengguna lulusan dan pengembangan karir mahasiswa dan alumni.
  2. Pusat Pengembangan Standar Mutu: merancang kebijakan mutu, standar mutu, manual mutu dan formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta pedoman-pedoman, mengelola jurnal LPM, pengembangan kurikulum, peningkatan akreditasi, prestasi dosen dan mahasiswa.
  3. Kasubbag TU: melakukan layanan administrasi umum, akademik, kemahasiswaan, perencanaan, keuangan dan pelaporan pada LPM.